Pengertian, Fungsi dan Cara Pendidikan Bagi Orang Tua – Ilmu Pengetahuan  Dasar

Mendidik anak bukanlah hal yang mudah. Setiap anak memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak jarang dalam mengarahkan anak, ia tidak mau mengikutinya.

masalah ini telah menjadi masalah utama orang tua jaman sekarang,Namun sebaiknya jangan biarkan terjadi terus menerus,karena dikhawatirkan anak akan manja dan merasa semua keinginannya harus dipenuhi. maka Anda sebagai orang tua, juga harus siap untuk menjadi guru terbaik, selama hidupnya. Tidak mudah untuk menjadi orang tua, karena dibutuhkan mental yang luar biasa, agar bisa menghasilkan didikan yang baik. Nah, buat para bunda dan ayah, sebelum si kecil lahir ke dunia, mari simak tips mendidik anak yang benar, sesuai fase pertumbuhannya.

Berikut ada beberapa cara untuk mendidik anak dengan baik

1. Tunjukkan Contoh Yang Baik

Tips mendidik anak yang pertama adalah dengan menunjukkan contoh yang baik. Memang tidak ada orang tua sempurna, tapi sudah seharusnya Anda dan pasangan memberikan contoh yang baik pada anak di kehidupan sehari-hari. Bila Anda ingin anak bertutur kata yang lembut dan baik serta bersikap sopan,  maka Anda harus selalu bersikap yang sama sebagai panutan. Ingatlah jika orang tua merupakan contoh yang akan diikuti oleh anak hingga mereka dewasa. 

2. Ajarkan Cara Komunikasi yang Baik pada Anak

Mengajarkan cara berkomunikasi yang baik. Seperti yang diketahui bahwa anak sangat cepat mencerna bahkan meniru apa yang dikatakan orang lain terhadapnya.Hati-hati dalam mengeluarkan kata-kata negatif dan ambigu kepadanya. Karena hal tersebut bisa saja akan dipikirkan anak, dan mempengaruhi mentalnya kelak.

3. Bangun Kebiasaan untuk Mendengarkan 

Membiasakan diri untuk mendengarkan apa pun perkataan anak. Walau Anda memberi perintah kepadanya, tidak berarti Anda tidak mendengar alasan mereka. Bisa jadi anak sedang merasa lelah, sedang kesal dengan suasana sekolah, atau memiliki masalah dengan temannya, dan lain-lain. Bila Anda menunjukkan sikap mau mendengar keluhan mereka, akan membuat anak mendengar perintah Anda. Dengan mendengarkan anak juga akan membuatnya terbiasa mengemukakan pendapatnya.

4. Konsisten

Pola asuh yang diterapkan secara rutin dan konsisten akan membuat anak merasa lebih aman. Anak menjadi paham tentang apa yang diinginkan oleh Anda sebagai orang tuanya sehingga bisa bersikap lebih tenang ketika diberikan perintah. Contohnya, Anda melarang si Kecil untuk tidak menghabiskan makanannya secara berulang-ulang setiap hari secara konsisten, anak akan lebih memahami dan bersikap tenang untuk menghabiskan makanannya. 

5. Berilah Apresiasi dan Pujian

Memberi apresiasi dan pujian bila anak berhasil melakukan sesuatu atau mengikuti apa yang Anda minta dengan baik. Dengan begitu, anak akan merasa lebih bersemangat dan termotivasi. 

6. Kenali Pemicu Emosi pada Anak

Orang tua harus tahu kapan dan penyebab anak sedang merasa kesal atau marah terhadap sesuatu. Jika ingin memberi perintah atau mengajarkan anak sesuatu jangan diwaktu-waktu tersebut ya. Jika anak sedang marah, coba berikan waktu untuknya tenang dan biarkan ia menjelaskan apa yang menyebabkannya marah. Barulah setelah anak merasa tenang, Anda bisa berbicara padanya, misalnya memberi perintah atau mengajarkan sesuatu. 

7. Terapkan Didikan yang Baik Sesuai Fasenya

 Menerapkan didikan yang baik, sesuai dengan fase pertumbuhannya. Dilansir dari berbagai sumber, pada anak usia 0-12, di sini adalah fase di mana orang tua harus menjadi orang tua seutuhnya.Di usia tersebut, pikiran anak sangat mudah untuk diprogram. Sehingga orang tua harus memaintain dan mengoreksi semua hal-hal yang si kecil lakukan.

Pada usia 12-17 tahun anak sudah mulai memasuki usia remaja, dan bukan anak-anak lagi. Sehingga di fase ini, orang tua sangat berperan penting untuk menjadi sahabat anak, namun tetap memiliki kekuasaan dalam mengatur kehidupannya, namun jangan juga terlalu ikut campur.

Share:

efan

editor

Kesempatan tidak datang dua kali, namun kesempitan selalu bisa berkali-kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *