vpn explained what is vpn featured - temanpost

Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan public dan menggunakannya untuk dapat bergabung dengan jaringan local. Dengan cara tersebut maka akan didapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada didalam LAN itu sendiri, walaupun sebenarnya menggunakan jaringan milik public.

Fungsi VPN

  1. Confidentially (Kerahasiaan)
    Dengan digunakannnya jaringan publik yang rawan pencurian data, maka teknologi VPN menggunakan sistem kerja dengan cara mengenkripsi semua data yang lewat melauinya. Dengan adanya teknologi enkripsi tersebut, maka kerahasiaan data dapat lebih terjaga. Walaupun ada pihak yang dapat menyadap data yang melewati internet bahkan jalur VPN itu sendiri, namun belum tentu dapat membaca data tersebut, karena data tersebut telah teracak. Dengan menerapkan sistem enkripsi ini, tidak ada satupun orang yang dapat mengakses dan membaca isi jaringan data dengan mudah.
  2. Data Intergrity (Keutuhan Data)
    Ketika melewati jaringan internet, sebenarnya data telah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Pada saat perjalanan tersebut, berbagai gangguan dapat terjadi terhadap isinya, baik hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang yang tidak seharusnya. Pada VPN terdapat teknologi yang dapat menjaga keutuhan data mulai dari data dikirim hingga data sampai di tempat tujuan.
  3. Origin Authentication (Autentikasi Sumber)
    Teknologi VPN memiliki kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi dari sumber datanya. Kemudian, alamat sumber data tersebut akan disetujui apabila proses autentikasinya berhasil. Dengan demikian, VPN menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumber yang seharusnya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dikirim oleh pihak-pihak lain.

Manfaat

  1. Remote Access : Maksudnya dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer ataupun jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik.
  2. Keamanan : dengan menggunakan koneksi VPN kita bisa browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot atau internet yang ada di cafe-cafe.
  3. Dapat menghemat biaya setup jaringan : VPN juga dapat dipakai sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN memakai media jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Ketika kamu sudah menemukan penyedia VPN yang andal dan aman, kamu dapat mengunduh dan menginstal perangkat lunak atau software mereka sesuai perangkat yang kamu gunakan. Kemudian kamu memilih pengaturan keamanan pilihan kamu dan mengatur koneksi yang aman dengan server VPN yang dinginkan atau dibutuhkan. Menghubungkan ke VPN itu sederhana (mudah). Ketika koneksi telah tersambung, ini yang akan terjadi pada data kamu:

  1. Perangkat lunak VPN di komputer kamu mengenkripsi lalu lintas data kamu dan mengirimkannya ke server VPN melalui koneksi yang aman.
  2. Data yang dienkripsi dari komputer kamu akan didekripsi oleh server VPN.
  3. Server VPN akan mengirim data kamu ke internet dan menerima balasan, yang ditujukan untuk kamu, pengguna (client).
  4. Lalu lintas tersebut kemudian dienkripsi lagi oleh server VPN dan dikirimkan kembali kepada kamu.
  5. Dan terakhir Perangkat lunak VPN pada perangkat atau gadget kamu akan mendekripsi data sehingga kamu benar-benar dapat memahami dan menggunakan data tersebut.
How Does a VPN Work Illustration
Cara Kerja VPN

Koneksi VPN akan mengenkripsi lalu lintas data kamu, membuatnya lebih sulit bagi peretas/hacker dan pihak lain untuk mencegat dan melihatnya. Koneksi aman juga memberikan kamu anonimitas yang bagus, karena lalu lintas internet dialihkan melalui server VPN eksternal. Karena kamu menjelajahi web melalui alamat IP server VPN, alamat IP asli kamu akan tetap tersembunyi.

Untuk apa VPN digunakan? Ada banyak alasan berbeda bagi orang untuk mulai menggunakan VPN. Yang terbesar dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Memberi kamu lebih keamanan lebih disaat online.
  2. Meningkatkan perlindungan privasi kamu disaat online.
  3. Memungkinkan kamu menjelajah internet dengan lebih banyak kebebasan (karena itu membuat kamu menghindari blokiran dan sensor online).
  4. Bisa juga membuat koneksi WIFI di publik lebih cepat.

Sekian dulu dari kami terkait VPN, semoga dapat bermanfaat.

Share:

Ava

editor

Yaah masih mencari sesuatu yang keren, jadi mulai aja dulu apa yang ada dipikiran. semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *