Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa salah satu yang paling berdampak selama pandemi covid-19 ialah dunia finance, krisis yang melanda negeri ini amat cukup meresahkan banyak pihak karena hampir di setiap industri terkena dampak yang menyebabkan ekonomi negara diseluruh dunia merosot tajam kebawah.

Tentu bagi kita semua menjadi hal yang sangat dianjurkan untuk mengetahui hal di dunia keuangan lebih luas, agar ketika dilanda masa krisis sekarang ini dapat lebih mudah dan tenang bagi kita dalam mengatur keuangan. Bukan saja lewat buku, majalah dan koran, dalam film pun dapat kita jadikan momentum untuk menambah referensi keuangan kamu apabila melakukan kegiatan membaca buku dan sebagainya menjadi hal yang membosankan.

Nah, bagi kamu yang mau atau hanya sedakar ingin mengetahui konsep besar dalam dunia keuangan, beberapa rekomendasi film berikut dapat kamu tonton untuk membuat proses belajar keuanganmu menjadi lebih menyenangkan selama masa pandemi ini.

Berikut beberapa film tentang keuangan dari yang jadul hingga terbaru selama pandemi.

1. Wall Street (1987)

film tentang keuangan

Film yang disutradarai oleh Oliver Stone ini bercerita tentang Bud Fox (diperankan oleh Charlie Sheen), seorang makelar saham yang sangat ambisius. 

Ia dimentori oleh Gordon Gekko (Michael Douglas), seorang ‘perampok’ perusahaan besar yang sangat tamak. 

“Wall Street” menggambarkan sisi gelap dari dunia insider trading, yaitu perdagangan ilegal atas saham perusahaan melalui informasi non-publik.

Meskipun dirilis tahun 1987, film ini masih sangat cocok ditonton oleh trader, broker, bankir, dan pelaku ekonomi lainnya di masa kini.

2. Glengarry Glen Ross (1992)

film tentang keuangan

Film ini diangkat dari drama pemenang Pulitzer Prize di tahun 1984 karya David Mamet dengan judul yang sama. 

“Glengarry Glen Ross” bercerita tentang sekelompok salesman di bidang properti, diperankan oleh aktor-aktor legendaris Hollywood seperti Al Pacino, Alec Baldwin, Kevin Spacey, dan aktor kawakan lainnya. 

Setelah menonton film ini, kamu dapat mempelajari mengenai dunia sales dan sisi gelapnya, termasuk tekanan yang dirasakan oleh para salesperson.

3. Rogue Trader (1999)

film finance

Film tentang finance ini menceritakan kisah Nick Leeson (diperankan oleh Ewan McGregor), seorang broker investasi yang sangat ambisius dan membangkrutkan Barings Bank, sebuah bank tertua kedua di dunia.

Disutradarai oleh James Dearden, film ini bercerita tentang bagaimana Nick Leeson melakukan perdagangan berisiko tinggi, tanpa pengawasan yang memadai dari pihak manajemen bank.

Tak hanya menghibur, film ini dapat mengajarkan kamu mengenai risk management dan cara mengawasi keuangan dengan baik.

4. Freakonomics (2010)

film ekonomi

“Freakonomics” merupakan film dokumenter yang mengupas sisi lain dari berbagai hal lewat ilmu ekonomi

Film ini dibuat berdasarkan buku “Freakonomics: A Rogue Economist Explores the Hidden Side of Everything” yang ditulis oleh ekonom Steven D. Levitt dan jurnalis Stephen J. Dubner. 

Meskipun tidak secara langsung menggambarkan mengenai dunia keuangan, film ini dapat membuat kamu memahami tentang konsep besar ekonomi.

Lebih spesifiknya lagi, di film ini juag dijelaskan bagaimana konsep dan ilmu ekonomi dapat memengaruhi berbagai macam hal di dalam kehidupan seseorang.

5. Too Big To Fail (2011)

film finance

Film yang disutradarai oleh Curtis Hanson ini memiliki latar krisis moneter pada tahun 2008. 

“Too Big to Fail” berfokus kepada Henry Paulson, mantan Menteri Keuangan Amerika Serikat. 

Film ini menceritakan bagaimana Richard Fuld (diperankan oleh James Woods) berusaha membantu Lehman Brothers, salah satu bank investasi terbesar di AS yang bangkrut pada tahun 2008.

Tak hanya itu, film ini juga memperlihatkan situasi di balik layar, seperti perbincangan antara tokoh penting di dunia keuangan, dan juga negosiasi-negosiasi yang dilakukan.

6. The Big Short (2015)

film tentang keuangan

Film yang disutradarai oleh Adam McKay ini merupakan adaptasi dari buku “The Big Short: Inside the Doomsday Machine” karya Michael Lewis.

“The Big Short” adalah film tentang keuangan yang menceritakan tentang saham dan isu lainnya, dengan latar waktu krisis keuangan di tahun 2008. 

Di dalam film ini terdapat banyak jargon dan istilah ekonomi yang mungkin belum pernah didengar oleh orang awam.

Maka dari itu, kamu harus benar-benar memperhatikan dari awal hingga akhir agar bisa memahami konsepnya secara menyeluruh. Meskipun begitu, narasi dan cara penyampaian dalam film ini begitu mantul.

Share:

Muhajir

editor

Stay Hungry. Stay Foolish.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *