Berkebun bisa jadi salah satu pilihan kegiatan yang dapat kamu dan keluarga lakukan bersama, di kebun milik nenek kakek ataupun di pekarangan rumahmu. Bukan saja menyenangkan, bahkan menyehatkan bila kamu melakukan kegiatan berkebun ini.

Namun sebagian orang belum tau aja caranya berkebun, maka dari itu tidak banyak orang yang melakukannya. Bagi kamu yang ingin tahu lebih tentang berkebun bisa memanfaatkan informasi yang terdapat pada buku, majalah, koran, ataupun searching di internet. Itu mesti dilakukan terlebih dahulu sebelum kamu memulai berkebun, bukankah ketika melakukan sesuatu perlu tahu dulu ilmunya.

Nah, dibawah ada beberapa metode berkebun yang harus kamu tahu.

1. Hidroponik

Keunggulan Budidaya Sayuran Hidroponik & 10 Jenis yang Mudah Ditanam |  Rumah123.com

Satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas

2. Polybag

Berikut Macam-Macam Plastik Polybag Yang Anda Belum Tahu | by Lim Corp 8 |  Medium

Berkebun dengan memanfaatkan polybag sebagai wadahnya. Umumnya memakai media tanah atau campuran media tanam.

Dengan luas lahan yang tidak terlalu besar, menanam menggunakan polybag akan memungkinkan menanam dengan variasi tanaman yang lebih banyak karena bisa disusun vertikal menggunakan rak. Ditambah lagi, penggunaan polybag akan membuat kamu lebih hemat dalam penggunaan pupuk.

3. Raised Bed

Dirty Fingernails: Raised beds can make gardening easier | Home & Garden |  ravallirepublic.com

Raised bed atau disebut juga garden box, adalah metode berkebun dengan memanfaatkan bak kayu sebagai wadah untuk bercocok tanam. Garden box merupakan salah satu konstruksi dalam kegiatan berkebun yang bagus untuk ditanami sayuran dan bunga-bungaan. Raised garden bed atau garden box merupakan suatu kotak yang dibangun di atas hamparan halaman kita, dan kotak itu dijadikan wadah tanam lagi dengan diisi media tanam dan juga tanaman.

Raised bed ini biasanya memiliki bentuk yang agak pendek namun menyediakan ruang tanam yang lebar sehingga penggunaanya pun mudah. Anda cukup mengisinya dengan media tanam seperti tanah maupun serbuk kelapa, selanjutnya tinggal menanam tanaman yang diinginkan.

4. Self Watering System

DIY self-watering planter — Blog Posts — HOMESTEAD BROOKLYN

Metode berkebun unik, seperti pot yang dapat mengairi sendiri. Pot ini, dengan memanfaatkan prinsip kapilaritas untuk menjaga kondisi media tanam tetap lembab. Merupakan suatu sistem yang berkebun di suatu wadah atau tempat yang dibuat supaya tanaman bisa di mengairi tanaman didalamnya secara otomatis (oleh wadah itu sendiri).

Menggunakan “Self watering system” adalah salah satu cara berkebun yang menyenangkan, hemat air dan mudah karena tidak perlu menyirami tanaman tiap hari.

Share:

Muhajir

editor

Stay Hungry. Stay Foolish.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *