Merawat Energi Positif di Bulan Ramadhan – ARTIKULA.ID

Bulan puasa menjadi momen saat yang tepat untuk melakukan hal positif. Bulan ramadhan sudah selayaknya diisi dengan kegiatan yang positif, halal, berpahala, dan bermanfaat untuk orang lain dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah dan menyempurnakan ibadah, bukan bulan yang dijadikan alasan untuk bersantai dan bermalasan.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Film Netflix Yang Harus Kamu Tonton

berikut kegiatan positif selama bulan Ramadhan yang bisa kita lakukan.

1. Membaca Al Qur’an

5 Kegiatan Positif Bulan Ramadhan Agar Diri Semakin Berkembang

Kegiatan positif yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan sebagai cara menambah pahala di bulan Ramadhan ialah mengaji atau membaca Al Qur’an, hal itu bisa dilakuakan dengan keluarga atau dengan teman teman sekumpulan, membaca Al Qur’an bersama akan menjadikan lebih berilmu sebab akan saling mengingatkan jika ada kekurangan atau kesalahan dan dapat memahami maknanya bersama sama.

2. Memberi Makan pada Yang Tidak Mampu

Saat Rasulullah SAW Sampaikan Salam Kepada Orang Majusi - SufiNews.com

Memberi makan salah satu kegiatan dimana kita tau bahwa tidak semua orang memiliki kemudahan untuk makan dan minum seperti kita, banyak orang di luar sana yang bahkan masih merasa lapar ketika waktunya berbuka puasa karena tidak ada yang bisa dimakan sama sekali, sebab itu jika memang kita mampu, luangkan rezeki untuk berbagi.

3. Buka Puasa Bersama

Gara-Gara Bukber, 1 Orang Menginfeksi 16 Kerabat dengan Virus Corona -  Global Liputan6.com

Tentunya aktifitas positif ini tetap harus mendahulukan ajaran islam, yakni jangan sampai diisi dengan kegiatan yang tidak bermanfaat seperti menggosip, telat shalat maghrib dan isya’, dan bergadang yang tidak penting.

4. Memperbanyak Doa

Kumpulan Doa Sehari-hari: Doa Agar Diberi Hikmah - Tribun Jogja

Bulan ramadhan digunakan untuk berdoa, kita bisa memotivasi teman teman kita untuk mendoakan kebaikan satu sama lain atau mendoakan saudara saudara kita sesama muslim yang mungkin saat ini sedang dalam kondisi susah karena berada dalam peperangan atau bencana sehingga mereka tidak bisa menjalankan ibadah di bulan ramadhan senyaman kita.

5. Shalat Tarawih Berjamaah

Tata Cara Sholat Tahajud hingga Doa, Waktu Serta Keutamaan Sholat Sunah  Anjuran Rasulullah SAW - Tribunnews.com Mobile

Tentu ada diantara kita yang sepanjang hari sibuk dengan rutinitas dunia hingga tak pernah mengetahui atau bergaul dengan tetangga dekatnya sendiri, bulan ramadhan bisa menjadi moment untuk meingkatkan silaturahmi, yakni dengan shalat tarawih bersama tetangga sehingga terjalin hubungan yang damai dan bisa mendapatkan pahala shalat tarawih di bulan ramadhan.

Share:

efan

editor

Kesempatan tidak datang dua kali, namun kesempitan selalu bisa berkali-kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *