Overthinking sebenernya normal. Ini adalah cara untuk mencari solusi menghadapi ancaman.Pada kondisi overthinking akan terasa mengganggu dan dapat menghalangi kemajuan dalam proses yang sedang dijalani. Pada kondisi ekstrem, overthinking dapat menyebabkan stres bahkan gangguan kecemasan. 

How to Stop Overthinking: Understand How it Affects Both the Body ...

Bagaimana cara menghilangkan overthinking? Berpikir terlalu jauh dan mengkhawatirkan hal-hal yang belum pasti terjadi? Kondisi ini biasa disebut dengan overthinking. Dalam kasus yang parah, berpikir berlebihan ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. tips menghilangkannya berikut ini!

1. Menyadari Kondisi Ketika Anda Berpikir Terlalu Banyak

Cara mengatasi overthinking yang pertama adalah dengan cara menyadari kondisi Anda.

Lihat pada diri Anda dan sadari apakah Anda sering memikirkan satu hal terus-menerus atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan. Apabila iya, akui bahwa Anda mengalami overthinking dan pikiran Anda tidak produktif.

2. Ganti Pikiran Negatif Sebelum Memburuk

Setelah menyadari kondisi yang Anda alami, sekarang saatnya untuk belajar mengendalikan pikiran tersebut.

Pikiran negatif dapat dengan mudah membuat Anda terbawa. Kendalikan diri Anda agar tidak terlarut dalam pikiran tersebut dan tanamkan dalam pikiran bahwa hal tersebut terlalu berlebihan untuk dipikirkan, sehingga sebaiknya Anda berhenti memikirkannya.

3. Fokus pada Penyelesaian Masalah

Overthinking dapat muncul ketika kita menghadapi masalah tertentu dalam hidup.

Namun tahukah Anda bahwa memikirkan masalah tidak selalu dapat menyelesaikan masalah tersebut. Sebaiknya Anda fokus pada langkah pasti yang dapat menjadi solusi masalah tersebut. Jangan terus menyesali mengapa sesuatu dapat terjadi, tapi lebih baik fokus pada apa yang dapat memperbaiki keadaan tersebut.

4. Mencari Distraksi

Mencari kegiatan baru dapat menjadi salah satu cara menghilangkan overthinking yang ampuh.

Setiap orang dapat memiliki distraksi yang berbeda-beda. Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang dapat membuat Anda senang dan lupa pada apa yang Anda pikirkan. Kegiatan ini dapat berupa olahraga, membaca buku, mempelajari hal baru, atau banyak aktivitas lainnya.

5. Luangkan Waktu untuk Refleksi dan Introspeksi

Jika harus memikirkan masalah-masalah yang ada di kehidupan Anda, luangkanlah waktu untuk hal tersebut.

Anda dapat meluangkan waktu sekitar 20-30 menit untuk refleksi dan introspeksi diri. Anda dapat memikirkan kesalahan yang Anda lakukan dan fokus pada bagaimana Anda memperbaikinya.

Selain itu Anda juga dapat memikirkan tentang tantangan-tantangan yang ada di depan dan menyusun strategi untuk melewatinya. Apabila waktu tersebut habis, Anda harus kembali ke aktivitas biasa dan kembali produktif.

6. Mempraktikkan Mindfulness

Mindfulness mengharuskan Anda sepenuhnya sadar dan fokus pada keberadaan Anda di sini dan saat ini.

Mindfulness membutuhkan latihan dan jika Anda berhasil melakukannya, maka akan sangat membantu dalam mengurangi overthinking. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih mindfulness adalah sebagai berikut:

  • Hindari akses pada pekerjaan di luar jam kerja Anda dan fokus pada aktivitas lain yang bisa dilakukan
  • Nikmati makanan Anda dengan perhatian penuh, jangan melakukan hal lain ketika makan.
  • Jalan-jalan sambil memerhatikan lingkungan sekitar, bila perlu catat apa saja yang Anda temui di jalan mulai dari apa yang Anda lihat, dengar, dan hirup

7. Meditasi

Meditasi juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi overthinking.

Meditasi terbagi menjadi beberapa jenis dan cara. Mindfulness pada dasarnya merupakan salah satu jenis meditasi. Anda dapat melatih beberapa jenis meditasi dan menentukan mana yang paling cocok untuk Anda.

8. Apresiasi Diri Sendiri

Cara selanjutnya adalah dengan mengapresiasi diri sendiri.

Anda dapat memulainya dari hal kecil seperti mencatat pencapaian Anda dalam seminggu atau sebulan terakhir. Hal ini dapat membantu membangun pikiran positif sehingga Anda tidak akan fokus memikirkan hal negatif dengan berlebihan.

9. Ubah Prespektif

Cobalah untuk melihat berbagai hal dengan perspektif yang berbeda.

Ketika Anda memiliki suatu ketakutan, cobalah untuk berpikir kembali seberapa besar kemungkinan hal tersebut dapat terjadi. Jika Anda tidak dapat memastikan kemungkinan terjadinya, artinya Anda tidak perlu merasa khawatir.

Ketika Anda memikirkan hal yang sudah terjadi, cobalah untuk mencari hal positif dari kejadian tersebut.

10. Bertindak

Dibandingkan terus berpikir, sebaiknya cobalah untuk bertindak.

Hal ini berkaitan dengan fokus pada solusi dibandingkan dengan masalah yang Anda hadapi. Setelah mendapatkan solusi, segeralah untuk melakukan eksekusi agar masalah tersebut tidak semakin memburuk.

Share:

efan

editor

Kesempatan tidak datang dua kali, namun kesempitan selalu bisa berkali-kali.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *