Tetap “Homeoffice″ Meski Krisis Corona Nanti Berlalu | SOSBUD: Laporan  seputar seni, gaya hidup dan sosial | DW | 02.05.2020

Teman Post – Pada masa pandemi COVID-19, cara bekerja kita berubah. Konferensi video dari rumah telah menggantikan banyak kontak antar tatap muka, cara bagaimana kita bekomunikasi pun juga terpengaruh dari mulai mengadakan rapat hingga perencanaan untuk memasuki dunia pekerjaan, sampai bagaimana kita melakukan wawancara kerja.

Banyak teknologi memberikan kemudahan untuk kita, kondisi itu juga menimbulkan beberapa tantangan dan tidak ada situasi profesional di mana hal tersebut lebih terbukti dari pada saat kita mencari pekerjaan.

Selama rapat, umumnya kepribadian dan penampilan diri kita akan dinilai. Hal itu menjadikan semuanya dapat berjalan dengan mulus dan dapat dikelola.

Saat ini, karena harus diadakannya secara daring dari rumah, potensi kesalahan menjadi lebih tinggi hanya karena ada kecenderungan kandidat untuk mengabaikan formalitas yang masih sangat penting.

Berikut ini tips dari seorang profesional perekrutan tentang cara tampil terbaik ketika wawancara kerja saat ini:

1.Berpakaian Selayaknya Wawancara Normal

 Anda harus berasumsi bahwa pakaian yang kasual tidak pernah dapat diterima, namun masuk akal untuk Anda mencari tahu apa arti formal bagi perusahaan atau industri tempat Anda diwawancarai. Karena hal itu dapat bervariasi di berbagai budaya pekerjaan.

2.Tidak Lupa untuk Merapikan Rambut

Tidak ada perbedaan dalam hal standar perawatan diri yang diharapkan untuk diikuti oleh seorang kandidat, baik wawancara dilakukan secara online atau secara langsung.

Rambut tetap harus ditata dengan rapi dan tidak boleh menutupi sebagian wajah, karena hal itu akan menyebabkan Anda terganggu dan menyentuhnya tanpa henti. Produk perawatan rambut juga akan membantu pria menjaga rambut agar terlihat halus.

3.Hindari Kecerobohan Menyiratkan Ketidaksiapan Diri

Menunjukkan beberapa adanya kesalahan dalam berpakaian dan dandanan umum yang kerap dilakukan kandidat selama wawancara daring.

Kesalahannya yaitu mengenakan pakaian yang terlalu kasual atau tidak pas, lalai menyetrika pakaian dengan benar, dan menghadiri wawancara dengan rambut yang masih basah (mungkin selesai mandi).

4.Tetapkan Posisi Kamera dan Latar Belakang

Untuk menampilkan citra diri yang diinginkan sebaik mungkin kepada pewawancara, kandidat yang cerdas akan tahu bahwa penting juga untuk menyiapkan sudut kamera, tampilan latar belakang, dan tingkatan suara untuk wawancara dengan benar.

Pada akhirnya, tidak ada gunanya untuk membuat penampilan Anda bagus, hanya untuk sesi yang akan dirusak oleh sudut yang tidak menyenangkan, ataupun pemandangan rumah yang berantakan, yang akan menandakan sikap ceroboh dari pihak kandidat.

Meskipun ketahanan koneksi internet Anda mengalami gangguan dan kebisingan kadang-kadang tidak mungkin untuk dikendalikan, Anda harus selalu berusaha untuk membuat lingkungan wawancara di rumah ideal dengan sedekat mungkin.

5.Jangan Gugup dan Pertahankan Posisi Postur

Posisi postur dan gerakan Anda juga merupakan isyarat dari kepribadian Anda.

“Duduklah tegak, dengan kaki di lantai dan lengan di pangkuan atau meja. Anda mungkin cenderung lebih gelisah dan dapat mengalihkan pandangan dari layar, dikarenakan pewawancara tidak berada di depan Anda secara fisik, jadi ingatlah untuk melakukan kontak mata langsung saat berbicara- lihat lensa kamera Anda, bukan wajah pewawancara di monitor”.

“Mengangguklah sesekali agar pewawancara mengetahui bahwa Anda sedang terlibat dalam percakapan. Akhirnya, terlihat tidak profesional jika Anda menjeda dan pergi untuk menghadiri sesuatu yang lain pada saat wawancara. Dedikasikan waktu dan perhatian Anda sepenuhnya, seperti yang akan dilakukan pewawancara,”

Share:

efan

editor

Kesempatan tidak datang dua kali, namun kesempitan selalu bisa berkali-kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *