Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata Apple? Ya tidak salah lagi “Steve Jobs” sang jenius tersebut. Bagi kamu yang bukan penggemar dunia teknologi paling tidak pasti pernah mendengar nama tersebut, karena sebagai pribadi kehidupan Jobs juga sangat menginspirasi akan perjalanannya bersama Apple hingga dipecat perusahaan sendiri, jatuh bangun dan kesuksesan yang diraihnya.

Steve Jobs Wallpapers Images Photos Pictures Backgrounds

Jobs merupakan salah seorang bapak teknologi paling revolusioner pada abad 20 ini, dengan kiprahnya kita dapat melihat berbagai perangkat teknologi terbaik yang ditawarkan oleh Apple. Tentu apa yang telah dilakukannya bersama teman-teman adalah suatu pekerjaan yang sangat luar biasa ketika melihat Apple sekarang ini.

Stay Hungry. Stay Foolish.

Steve Jobs

Tetap lapar dan tetap merasa bodoh adalah salah satu kata kutipan yang terkenal dari Jobs, maksud dari quotes itu ialah Paksa dirimu. Tetap bersemangat untuk belajar, mengambil risiko, dan terus berusaha melakukan apa yang orang lain katakan tidak bisa dilakukan. Baiklah mari kita bahas secara singkat tentang perjalanan Jobs dengan Apple-nya.

Steven Paul Jobs (lahir di San Francisco, California Amerika Serikat, 24 Februari 1955) adalah pemimpin perusahaan Apple Computer dan tokoh utama di industry computer. Sebagai pendiri Apple Computer di tahun 1976 (bersama dengan Steve Wozniak), ia mempopulerkan konsep computer rumah tangga dengan nama Apple II. Ia juga merupakan salah satu orang yang pertama kali menyadari potensi untuk mengomersilkan antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) dan mouse yang dikembangkan di Palo Alto Research Center. Jobs juga memimpin Pixar Animation Studios, sebuah perusahaan computer animasi terkemuka di dunia layar lebar.

Sejak bayi, Jobs muda diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs dari Mountain View, Santa Clara Country, California. Orang tua angkatnya inilah yang memberikan nama Steven Jobs. Orang tua biologisnya kelak menikah dan memberinya adik perempuan bernama Mona Simpson yang kini dikenal sebagai novelis.

Ditahun 1972, Jobs lulus dari SMA Homestead di Cupertino, California dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tapi dikeluarkan atau drop out setelah satu semester. Namun, salah satu yang dipelajarinya di Reed College adalah kaligrafi.

Pada tahun 1976 Jobs yang berusia 21 dan Wozniak yang berusia 26, mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang diperkenalkan Jobs dan Wozniak diberi nama Apple I, di tahun 1977 Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II, yang menjadi sukses besar di pasaran computer rumah tangga dan memberi pengaruh besar kepada Apple di industri komputer pribadi yang masih muda.

Seiring dengan berkembangnya Apple Computer, perusahaan itu mulai mencari kepemimpinan baru untuk membantu mengatur perkembangan perusahaan tersebut. Di tahun 1983, Jobs menggaet John Sculley dari perusahaan Pepsi-Cola, untuk memimpin Apple Computer. Tahun 1984 menjadi tahun pengenalan Macintosh, yaitu komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis.

Walaupun Jobs sangat persuasif dan karismatik bagi Apple, banyak yang menganggap bahwa dia pemimpin yang gampang berubah pikiran dan beremosi tinggi. Di tahun 1985, setelah banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di dalam Apple, Sculley memberhentikan Jobs dari jabatannya dan mengusirnya dari Apple.

Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan computer lagi, NeXT Computer. Di tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga US$ 402 juta, dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Di tahun 1997, ia menjadi pemimpin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio. Di bawah kepemimpinan Jobs, perusahaan tersebut meningkatkan penjualannya setelah memperkenalkan iMac. Lalu dibalik itu pun, Apple mulai mengembangkan kiprahnya dengan pengenalan iPod (alat music portabel), piranti lunak iTunes, dan iTunes Music Store. Apple juga mulai mengembangkan produknya ke gadget komunikasi dengan mengeluarkan iPhone dan iPad.

Hingga pada pertengahan 2004, Steve Jobs didiagnosa terkena kanker pankreas dan penyakit inilah yang akhirnya menutup hidup Jobs pada 5 Oktober 2011.

Itulah sedikit ulasan kisah hidup tentang Jobs dengan perusahaan Apple-nya, terima kasih.

Share:

Muhajir

editor

Stay Hungry. Stay Foolish.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *