keinginan tinggi untuk liburan Memilih destinasi wisata ternyata tidak mudah dan jangan sampai tanpa pertimbangan. Hal tersebut penting karena akan berkaitan dengan kondisi kenyamanan, keamanan hingga yang paling utama agar bujet tidak membengkak.

Dengan merencanakan secara matang dan pertimbangan yang cukup, maka dijamin liburanmu akan lebih menyenangkan. Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat membantumu dalam menentukan destinasi wisata yang aman di kantong.

1. Perkirakan jarak tempuh

Objek Wisata di Pesisir Selatan Kembali dibuka | Yukpigi ...

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah berapa jarak dari tempatmu tinggal terhadap tujuan wisata yang ingin kamu tuju. Jarak tentunya juga akan berkaitan dengan transportasi apa yang kamu gunakan hingga lamanya waktu liburanmu.

Jika waktumu singkat maka pilihlah destinasi wisata yang terjangkau. Sedangkan kalau kamu ingin waktu liburan yang terbilang panjang, maka pilihlah destinasi yang mudah dicapai dengan berbagai moda transportasi.

2. Anggarkan biaya dengan matang

5 Tips Memilih Destinasi Wisata yang Tepat Agar Budget Tidak Bengkak

Hitung dengan cermat apa saja keperluan yang kamu perlukan sebelum bertolak dan menentukan destinasi. Rincian pengeluaran baik dari transportasi, destinasi hingga pengeluaran ketika sudah sampai di destinasi yang kamu tuju. Sesuaikan destinasi wisata yang ingin dituju dengan kantongmu ya.

3. Jenis wisata apa yang diinginkan

Pengertian Wisata Secara Umum, Tipe, Manfaat Dan Jenis Jenisnya

Menentukan jenis wisata yang kamu inginkan juga penting untuk menentukan sedalam apa kamu akan merogoh kocekmu. Tentukan sedini mungkin dan serasional kata hatimu ketika memilih jenis wisata.

Jika kamu senang ke gunung, tentu kamu sudah tahu kelebihan dan kekurangan tempat tersebut. Begitu juga dengan jenis-jenis wisata yang lain. Kamu harus tahu kelebihan dan kekurangannya.

4. Pertimbangkan cuaca

5 Tips Memilih Destinasi Wisata yang Tepat Agar Budget Tidak Bengkak

Jangan remehkan cuaca. Jangan memaksakan untuk tetap pergi jika kondisi cuaca tidak mendukung. Jika memaksakan maka risikonya tidak hanya bujet yang akan membengkak namun juga dirimu dalam bahaya jika kondisi alam sedang tidak baik. Cari destinasi wisata alternatif jika cuaca tidak mendukung.

5. Ketahui tujuan dan adakah hal baru yang didapat

5 Tips Memilih Destinasi Wisata yang Tepat Agar Budget Tidak Bengkak

Terakhir adalah untuk tujuan apa kamu ingin ke lokasi tersebut dan adakah hal baru yang akan didapat. Akan lebih baik jika kamu memang memiliki tujuan dan tidak asal sekadar jalan-jalan tanpa persiapan.

Karena dengan adanya tujuan maka kamu bisa memprediksi segala macam hal yang kamu butuhkan kelak ketika berada di destinasi wisata yang kamu tuju. Dan akan sangat lebih baik kamu juga mempertimbangkan kegiatan yang kamu lakukan ada manfaat dan memberikan pengalaman baru yang bermanfaat.

Share:

efan

editor

Kesempatan tidak datang dua kali, namun kesempitan selalu bisa berkali-kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *